Thursday, May 19, 2016

Jangan Ngaku Suka Makanan Korea Kalau Belum Kesini. 8 Place Korean Foods yang Ada Di Jogja dan Pasti Bikin Kamu Ketagihan!

Annyeong haseyo yeoreobun.. Sugeng Rawuh.

Daerah Istimewa Yogyakarta, yup! Jogja. Selain Jakarta, Bandung, Surabaya dan Malang, ternyata Jogja tidak ingin kalah saing dengan kota – besar lainnya.
Demam K – Pop yang sudah melanda dimana – mana sekarang, marak pula dengan makanan ala – ala korea. Sajian yang menggiurkan jika kalian penikmat drama korea (drakor). 

Salah satu makanan asia ini ternyata cepat naik daun dan mengalahi pesaing – pesaingnya seperti masakan China, Jepang, dan Thailand.

Yang cukup unik dari masakan korea adalah menu penyajian, tampilan dan terutama rasa. Makanan korea memang tidak mudah menyatu dengan lidah masyarakat Indonesia seperti masakan Jepang dan China yang mayoritas masyarakat di Indonesia banyak penduduk Chinise.
Seakan – akan kita tersesat dalam adegan di drakor yang menonjolkan bahwa adegan wanita atau pria sedang makan dengan lahap dan santap.

Bukan tertipu ya guys, tetapi kalian harus tahu bawa tidak semua orang Indonesia menyukai makanan korea. Ada yang bilang makanan korea itu enak kaya di film – film, ada yang bilang makanan korea lebih sehat, ada yang bilang makanan korea kecut, hambar, aneh, ada banyak persepsi deh.
Tenang ya Chingu, di Jogja sudah banyak restoran – restoran dan kedai yang menyuguhkan makanan korea mulai dari rasa korea asli hingga masakan korea yang sudah di atur sesuai lidah orang Indonesia.

Kalian tinggal pilih, atau bahkan kalian bisa mencicipi semua tempat yang menawarkan salah satu makanan asia ini.

Silla Restaurant


Silla Restaurant via http://www.silla-resto.com 
Ini dia, buat kalian yang pertama kali ingin mencoba masakan korea yang ori. Kenapa Ori? Karena Silla Restaurant merupakan Restoran berkelas internasional yg menyediakan masakan Korea, Jepang & China. 

Diolah oleh koki yang berpengalaman dengan harga yang terjangkau.
Berbagai macam fasilitas juga tersedia seperti Tatami untuk tamu yang menginginkan privasi dalam menyantap hidangan yang dipesan dengan beragam ukuran & kapasitas jumlah tamu.
Untuk Tatami kecil bisa muat untuk 4-6 orang. Tatami sedang untuk 6-8 orang, Tatami besar untuk 10-12 orang.
Silaa Restaurant terletak di Jl. Ring Road Utara No. 33, Sleman, Yogyakarta, Indonesia

Dae Jang Geum Restaurant
Dae Jang Geum via http://echaarose.com
Dae Jang Geum via http://echaarose.com
Untuk kalian penggemar drakor pasti pernah tahu film yang berjudul Dae Jang Geum. Right, Salah satu restaurant korea ini juga menjadi tempatfavourite anak – anak hingga dewasa.
Bicara soal rasa, Dae Jang Geum Restauran termasuk salah satu resto yang menyajikan masakannya sudah disesuaikan dengan lidah Indonesia. 

Nah, biacara tempat, tempat di Dae Jang Geum mulai dari bangunan, tempat makan, hingga ornamen – ornamennya, mirip kaya di kerajaan Korea. Jadi, ga nyesel deh buat pamer foto kalian di tempat ini.
Dae Jang Geum Restaurant terletak di Jl. Palagan Tentara Pelajar KM. 8,5, Donoharjo Ngaglik, Kec. Sleman, DIY. Harga? Tenang aja, masih terjangkau kok. Oh iya, ada Chinese Foods juga kok.
Ini yang paling dicari dari semua penikmat drakor. Dae Jang Geum satu – satunya tempat makan Korea yang menyewakan Hanbok lho, kalian hanya perlu mengocek dompet 20ribu untuk menyewa pakaian khas Korea satu ini.

Michigo Restaurant
Yuk, makan masakan Korea di mall. Wah, ini dia yang di cari – cari kalau kita pergi ke mall. Michigo Restaurant ini memang didesain khusus terutama untuk masyarakat Jogja kelas menengah ke atas.
Soal rasa, Michigo sudah dirancang juga untuk para penikmat salah satu masakan di Asia ini. 

Harga? Biarpun interior dan segalanya mewah, harga di Resto ini terjangkau dong pastinya, tinggal pilih sesuai keinginanan teman – teman yaa. Michigo Restauran terletak di Jl. Adisutjipto. Ambarrukmo Plaza Lantai 3.
Berbeda dari yang lain, Michigo Restauran ini menawarkan konsep self-service. Memang, konsep semacam ini mungkin belum terlalu populer di Indonesia.
Betapa tidak, konsep secara umum ketika makan di tempat makan adalah konsumen mendapatkan layanan mulai dari pemesanan, makanan sampai di meja, dan meninggalkan tempat makan.

Mushiro
Mushiro via https://twitter.com 
Murah, Terjangkau, Cozy. Dimana lagi kalo bukan di Mushiro. Makanan Korea boleh coba – coba tapi jangan sampe doyan ya, hehe..
Tempat satu ini memang tidak seperti di restauran – restauran, tapi disini tempatnya kebanyakan para mahasiswa yang datang karena warung makan ini sangat terjangkau untuk dompet mahasiswa.
Soal rasa, jangan di ragukan lagi, biarpun murah tapi rasa tidak murahan. Rasa masakan Korea disini bikin kamu lumer deh pokoknya. Pas banget sesuai sama rasa masakan Indonesia.
Eits, biarpun sesuai tapi bumbu disini masih pakai resep khas Korea lho. Jadi kalian ga bakal nyesel deh.
Mushiro terletak di Jl. Gejayan No.33, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Sesekali untuk mampir boleh kok buat ketemu sama oppa – oppa yang cute banget walaupun mereka hanya memandang kita saat makan. Hehe

Dak Gal Bi
Dak Gal Bi via https://makanjogja.com 
Ini dia Dak Galbi, warung makan ala – ala Korea. Kalo di drakor kamu pasti lihat aktor yang suka jajan – jajan di pinggir jalan yang di jual oleh ahjuma – ahjuma kan?
Di Jogja juga ada lho, letaknya di samping Galleria Mall Yogyakarta, yang banyak foodcourtnya. Keliatan kok kalau dari perempatan lampu merah.
Warung makan ini juga termasuk murah, namanya juga warung makan pinggir jalan. Jangan khawatir ya guys, bukan berarti dipinggir jalan rasanya juga beda dari tempat makan yang lain. Rasa hampir sama tapi porsi yang beda. Hehe

BonChon
Kalau di Ambarrukmo punya Michigo, kalo di JCM punya BonChon. Masakan Korea satu ini berbeda dengan masakan – masakan yang lain.
Kalau di BonChon menu andalannya itu ayam Korea. Nah, buat yang suka cemilan, menu satu ini layak kamu coba. Karena hanya di Bonchon yang menyediakan ayam Korea.
Letaknya di Jl. Magelang KM.6 No. 18 Yogyakarta (Jogja City Mall). Menurut Owner BonChon cabang Yogyakarta, mengatakan bahwa restoran ini memiliki konsep Fast Casual Restaurant yang sehat, segar, dan unik.
Ayam goreng BonChon memiliki dua pilihan varian yakni original dan spicy dengan basis rasa manis yang dominan. Citarasa inilah yang menjadi jalan bagi pihaknya untuk merebut konsumen mengingat lidah orang Yogyakarta dan sekitarnya lebih akrab dengan rasa manis.

Seorae Restauran
Seorae Restaurant via http://www.qraved.com 
Satu lagi masakan Korea yang ada di Ambarrukmo Plaza. Seorae, tempat ini masih dibilang sangat baru di Jogja. Karena satu – satunya tempat masakan korea yang dihidangkan alat masak yang sudah tersedia di meja, mirip kan kaya di film – film Korea.
Restauran satu ini konsepnya menarik plus otentik banget. Harga disini juga tergolong kelas menengah ke atas, jadi buat kalian yang pengen nyobain masakan Korea di Seorae dan dompet masih tipis, nggak ada salahnya kita nabung dulu untuk meluapkan rasa penasaran sama daging yang katanya menggoda lidah.

K – Mie
Mie Korea satu ini memang terbilang Unik. Kenapa? Jenis makanan hingga pengukuran porsi yang menggunakan nama-nama boysband girlsband dari Korea.
Untuk ukuran “Porsi Super Junior” ini adalah penamaan untuk porsi sedang, sedangkan untuk porsi besar, mereka menyebutnya “Big Bang”.
K – Mie terletak di Jl. Gambiran no 57 A Yogyakarta. Harga dan rasa cocok banget sama kantong mahasiswa. Kalau ke sini dijamin nggak bangkut seketika deh.

Haroro Ramyun
Haroro Ramyun via  http://www.javafoodie.co 
Ramen, biasanya yang kita tahu kalau ramen berasal dari Jepang. Tapi ada yang beda di Haroro Ramyun. Mereka menyediakan Ramen asal korea yang rasanya memang berbeda dari ramen Jepang. Walau sama – sama berbahan tepung tapi rasa dan penyajiannya sangat berbeda.
Haroro Ramyun terletak di ruko Rafflesia No. 8 Babarsari. Yogyakarta. Desain intirior yang cukup unik membuat para pengunjung merasa nyaman untuk nongkrong atau sekedar makan.
Harga bisa dibilang murah, apalagi untuk para mahasiswa banayk diskon kalo kamu menunjukan kartu tanda mahasiswa Jogja.
Yogyakarta, sudah menjadi metropolitannya anak – anak remaja di Jogja. Kota pelajar ini sudah banyak dikunjungi pendatang baru dari berbagai macam daerah luar jawa.
Untuk usaha di bidang kuliner saja sudah menjamur, sayang kalau kita pergi di Jogja tidak mencicipi salah satu masakan Korea ini. 

Ya, walaupun kebanyakan dari semua tempat masakan korea juga menyediakan masakan Jepang dan Cina, tapi tidak menurunkan cita rasa khasKorean Foods.
Semua balik lagi ke diri masing – masing ya guys, pilih makanan yang sesuai dengan kantong dan perut kamu. Tapi jangan sungkan untuk mencoba hal – hal baru agar kamu nggak penasaran.
Share:

Blog Archive