Monday, May 16, 2016

Bukan Cuma Badanmu yang Bisa Bergoyang Karena Lagu K-Pop. Lidahmu Juga Bisa Bergoyang Karena Makanan Khas Negeri Ginseng Ini!

Berkembangnya suatu produk budaya suatu negara tentunya juga akan mempengaruhi produk-produk budaya lainnya. Contohnya saja berkembangnya budaya K-pop ditanah air menyebabkan berkembangnya budaya-budaya lain negeri ginseng tersebut.



Menjamurnya drama-drama Korea yang saat ini digemari oleh para anak mudapun ternyata merupakan salah satu sarana untuk menyebarkan budaya mereka. Salah satu budaya yang sering ditonjolkan adalah budaya kuliner negeri ginseng tersebut.

Jika Anda merupakan salah satu pecinta drama Korea, tentunya tidak akan asing dengan beberapa jenis makanan yang ditampilkan di drama-drama tersebut. 

Dengan maraknya drama-drama tersebut pun, banyak restoran-restoran ala Korea di Indonesia yang menyediakan berbagai masakan ala Korea. Tak ketinggalan juga dengan jajanan pinggir jalan khas yang seringkali membuat cenggelutan karena tampilan visualnya yang menggoda  dan juga rasanya yang sangat pas dilidah. 

Berikut adalah beberapa jenis jajanan atau makanan ala Korea yang tentunya akan membuat Anda ngiler dan ketagihan.
  • Mouth-watering Tteokbokki 
Tteokbokki via http://www.maangchi.com

Anda pencinta makanan dengan visual menggoda? Bagaimana dengan makanan khas tenda-tenda pinggir jalan di Seoul ini? Warna merah dengan kuah kental dan berbagai macam topping,  tentunya sangat menggiurkan bukan?   

Nama masakan khas Korea tersebut adalah Tteokbokki. Tteokbokki disebut-sebut sebagai jajanan pinggir jalan nomer 1 yang sangat digemari oleh penduduk Korea. Entah anak kecil, remaja maupun orangtua. 

Tteokbokki merupakan jajanan yang wajib Anda cicipi jika berkunjung ke negeri ginseng.
Tteokbokki sendiri berasal dari “tteok” atau tepung beras yang biasanya berbentuk tabung atau silinder, yang dicampur dengan kuah saus pedas manis, ikan dan juga daun bawang maupun bawang bombay.
Jika Anda penasaran dengan rasa makanan populer ini, Anda bisa membelinya di rumah makan Korea yang saat ini sudah berjamur di berbagai kota. 

Atau kalau Anda ingin bereksperimen membuat Tteokbokki ala Anda sendiri, Anda bisa membuatnya dengan mudah sendiri di rumah.
Bahan untuk membuat garaetteok yaitu 350 gram tepung beras, 120 ml air, 1 sdt garam dan 1 sdm minyak wijen. Campur bahan-bahan tersebut kemudian kukus selama 25 menit.

Setelah matang tumbuk adonan hingga kalis dan Anda bisa langsung membuat adonan berbentuk silinder kemudia dipotong-potong. 

Sedangkan bumbu saus terdiri dari 2 sdm pasta cabai Korea, 1 sdt cabai bubuk Korea atau Anda juga bisa menggunakan ½ sdt bubuk cabai lokal dan 1 sdm gula pasir.
Setelah garaetteok dan  saus sudah siap, rebus air selama 15 menit, kemudian masukkan garraetteok, saus, bawang bombay dan juga daun bawang.
Aduk sampai bumbu merata dan matang. Setelah matang angkat Tteokbokki dan sajikan Tteokbokki ala Anda dengan topping sesuai selera Anda sendiri. 

Anda bisa menambah keju, seafood dan lain sebagainya diatas tteokbokki Anda.
Jika Anda mengunjungi negeri ginseng, Anda akan mendapati Tteokbokki dengan sangat mudah. Sepanjang jalan di Seoul Anda dapat menemukan deretan warung-warung tenda maupun restoran yang menjual makanan favorit ini.
Jika mengingkan tteokbokki dengan harga murah meriah, Anda bisa mengunjungi Elephant Street Food yang berada di Mapo-gu, Dohwa dong 354-4. 

Dengan 10.000 won Anda bisa mendapatkan 2 porsi Tteokbokki plus bisa memilih topping favorit Anda. Walaupun dengan harga murah, namun rasa Tteokbokki di Elephant Street Food tidak kalah dengan Tteokbokki di restoran-restoran ternama.
Bagaimana? Murah meriah bukan? Anda juga bisa mengunjungi Dondaemun Sassy Tteokbokki jika menginginkan Tteokbokki dengan rasa super duper pedas.
Anda para pecinta makanan pedas, wajib mencicipi Tteokbokki di Dongdaemun ini. Saking pedasnya Anda disarankan makan telur kukus sebelum menyantap Ttekbokki ini, agar perut Anda tidak akan kaget dengan sensasi panas dan pedas Tteokbokki ala Dongdaemun Sassy ini. 

Jika merasa tidak kuat dengan rasa pedasnya Anda bisa mencampur dengan keju untuk mengurangi rasa pedasnya. Tteobokki super duper pedas ini cukup menguras kantong Anda, dengan harga 14.000 per porsi untuk 3-4 orang.
Anda bisa memilih tempat favorit untuk menikmati makanan dengan visual dan juga rasa terbaik ini. Bisa menikmati di rumah bersama keluarga. Atau jika Anda mengunjungi Korea Selatan, menyantap Ttekbokki bisa sambil menikmati suasana malam kota Seoul di tepi Sungai Han.
  • Odeng 
Odeng via https://c1.staticflickr.com
Uang menipis, tapi rasa lapar tidak tertahankan? Anda tidak perlu khawatir, karena jajanan ala Korea ini dapat Anda nikmati tanpa merogoh kocek terlalu dalam.
Nama makanan ini adalah Odeng. Dan Anda cukup menyiapkan 500 won untuk satu tusuk fish cake ini. Murah bukan?
Odeng terbuat dari tepung ikan yang direbus dan biasanya disajikan dengan kuah kaldu. Kaldu ini terbuat dari lobak, daun bawang dicampur dengan kepiting dan juga ruput laut untuk penambah rasa.
Dilihat dari bumbu-bumbunya pun, sudah bisa membayangkan bagaimana nikmatnya kuah Odeng tersebut. Menikmati kuah Odeng akan membuat Anda ketagihan, dan ingin lagi menyeruput kuah khas ini. 

Dan uniknya, setiap warung tenda selalu menyediakan kuah Odeng secara gratis. Jadi Anda bisa menambah kuah odeng, tanpa khawatir dengan dompet tipis Anda. 
Cara penyajian Odeng ini pun berbeda-beda sesuai dengan pesanan Anda. Anda bisa memesan Odeng dengan saus tomat atau saus mustard. Atau jika Anda tidak terlalu menyukai saus, Anda bisa memesan Odeng Tang yang disajikan dalam mangkuk kaldu dengan cabai dan bawang serta kedelai,.

  • Kimbab-penunda lapar- 
Kimbab via https://astridxaviere.files.wordpress.com
Bagi Anda yang suka pergi travelling atau piknik, tentunya sering bingung dengan bekal apa yang akan Anda bawa untuk menemani piknik.
Biasanya bekal hanya akan berupa fast food atau snack karena simple dan tidak ribet. Namun, ada bekal lain yang sangat mudah untuk dibuat dan juga dapat dijadikan sebagai penunda lapar ketika Anda berpiknik.
Nama makanan ini adalah Kimbab atau seringkali juga disebut sebagai sushi ala Korea. Hal tersebut karena keduanya memiliki bentuk yang sama. Namun Anda tidak perlu khawatir, pembuatan Kimbab tidak sesulit membuat sushi.
Bahan yang diperlukan adalah rumput laut, nasi dan juga isian kimbab yang bisa Anda isi sesuai dengan selera Anda. Seperti wortel, sayuran, lobak, telur dan lain sebagainya.
Alat yang Anda butuhkan hanyalah mat yang bisa Anda dapatkan di super market terdekat. Cara pembuatannya pun sangat mudah. Siapkan mat, kemudian susun rumput laut, nasi kemudian isi dengan sayuran selera Anda dan gulung dengan mat Anda dengan rapi.
Setelah digulung, Anda bisa memotong kimbab menjadi beberapa bagian kemuadian menatanya di kotak bekal Anda. Simpel bukan? Sekarang Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan saat melakukan perjalanan piknik Anda.
  • Chicken Lover’s 
Ayam goreng, ayam rebus, dan jenis olahan ayam lainnya akan dapat Anda jumpai di negeri ginseng ini.
Jadi bagi Anda para chicken lover’s tidak perlu khawatir tak dapat menikmati berbagai macam olahan ayam. Karena dijamin Anda akan ketagihan dengan berbagai varian olahan ayam yang ditawarkan oleh negeri ginseng ini.
Buldalk via http://www.bicarakorea.com
Bagi Anda para pecinta ayam terutama dengan bumbu pedas, Anda tidak boleh melewatkan olahan ayam yang satu ini.
Nama masakan ini adalah Buldalk yang berarti ayam dipanggang bersama saus yang dipercaya merupakan saus terpedas di Korea. 
Makanan pedas ini dipercayai sebagai salah satu pelepas stress. 

Jadi Anda bisa mencobanya saat Anda merasa tertekan maupun stress atau hanya sekadar ingin mencicipi seberapa dahsyat pedasnya Buldalk ini.
Kebanyakan penduduk Korea meyakini bahwa makanan pedas termasuk Buldalk ini sangat bagus untuk kondisi kesehatan badan.
Cabai dan juga merica dipercayai dapat memperlancar metabolisme dan juga meningkatkan produksi keringat sehingga dipercayai dapat memberikan efek bahagia bagi yang mengonsumsi makanan pedas tersebut.
Bagaimana? Anda tertarik mencoba ayam terpedas ini? Sebelum mencoba Buldalk ini, sangat disarankan makan Nurungji atau bubur nasi untuk menyiapkan perut Anda agar siap menerima pedas dan juga panasnya Buldalk ini.
Dalkbal via http://www.bicarakorea.com
Olahan ayam selanjutnya yang tidak kalah nikmatnya adalah Dalkbal. Bagi Anda pecinta kaki ayam alias ceker wajib mencicipi menu satu ini.
Dalkbal merupakan olahan kaki ayam yang dicampur dengan bumbu pedas yang dapat membuat mulut Anda panas. Dalam sajian Dalkbal ini, jangan harap untuk menemukan potongan daging ayam, karena semua yang disajikan adalah ceker ayam berpadu dengan bumbu pedas.
Untuk mengurangi sensasi pedas setelah menyantap Buldalk maupun Dalkbal, Anda bisa menikmati Dalkalguksu sebagai alternatif.
Dalkalguksu sendiri adalah kuah ayam dan juga mie yang disajikan bersama suiran ayam dan juga zucchini. Segarnya kuah Dalkalguksu tentunya dapat mengurangi rasa panas pada perut Anda setelah menyantap ayam pedas tersebut.
  • Si Legit yang Menggigit 
Selain makanan pedas, negeri ginseng juga menyediakan makanan manis bagi Anda pecinta dessert ini.
Makanan-makanan ini juga sangat mudah ditemukan dideretan warung-warung tenda dan menjadi makanan favorit pencuci mulut setelah makan-makanan pedas maupun sebagai pengganjal perut.
Hotteok via  http://1.bp.blogspot.com
Hotteok adalah salah satu makanan manis yang sangat populer di kalangan penduduk Korea.
Hotteok merupakan pancake yang berisi pasta kacang dan sangat nikmat jika dinikmati dalam keadaan masih panas atau hangat. Satu gigitan dan Anda akan merasakan manisnya pasta kacang lumer di dalam mulut Anda. 

Namun untuk mendapatkan Hotteok ini, Anda harus bersabar untuk antri panjang. Karena, jajanan satu ini sangat diminati oleh banyak kalangan. 

Jadi jangan kaget, banyak yang rela antri untuk menikmati pancake ala Korea ini.
Dalgona via http://www.maangchi.com
Selanjutnya jajanan manis yang tidak kalah mengundang untuk dicicipi adalah Dalgona.
Jajanan ini adalah jajanan tersimpel dan Anda pun dapat membuat sendiri dengan mudah. Bahan Dalgona ini hanya terdiri dari baking soda dan gula pasir. 

Cukup panaskan baking soda dan juga gula pasir sambil diaduk-diaduk. Setelah matang tuang adonan dan Anda bisa mencetak adonan dengan bentuk sesuai selera Anda. Bisa berbentuk bintang, boneka , love dan lain sebagainya.
Membeli jajanan satu ini pun sangat menarik, karena ada game yang dapat Anda lakukan sebelum menikmati si manis ini. Jika Anda bisa mengambil bentuk cetakan Dalgona yang sudah mengeras tanpa merusak bentuk diluarnya, Anda bisa menikmati Dalgona secara gratis.

Tapi jika Anda gagal, tentunya Anda harus tetap membayar Dalgona tersebut. Bagaimana? Tertarik mencoba?
Fishbread via https://i.ytimg.com
Jajanan manis yang dapat Anda nikmati dimusim dingin diantaranya adalah roti telur dan juga roti ikan. Roti telur atau egg bread ini sangat cocok untuk sarapan Anda.
Sangat mengenyangkangkan karena Anda dapat menikmati roti dan juga telur ceplok diatasnya sekaligus. Selain roti telur Anda juga bisa menikmati fish bread di musim dingin. 

Disebut fish bread bukan karena terbuat dari ikan namun bentuk rotinya adalah ikan. Harga fish bread ini sangat ramah dikantong dan Anda bisa menikmati manisnya kacang merah didalam fish bread ini.
Anda dapat memilih jajanan yang sesuai dengan lidah dan selera Anda serta tidak lupa sesuai juga dengan kantong Anda. Pedas, manis, asin Anda bisa dapatkan di jenis-jenis masakan Korea tersebut.
Tentunya menikmati jajanan ala Korea sambil menikmati film maupun drama Korea akan menjadikan quality time Anda lebih menarik.
Share:

Blog Archive